Fungsi Dan Kegunaan Menu Dasbord Blogger

Fungsi Dan Kegunaan Menu Dasbord Blogger
Selamat siang dan selamat datang di blogerciketing,pada postingan Tutorial blogspot kali ini saya ingin share kepada anda semua tentang memahami Fungsi Dan Kegunaan Menu Dasbord Blogger,buat blogger master yang sangat familiar dengan cara setting blogspot mungkin ini sudah tidak asing lagi,tapi buat para blogger baru seperti saya akan sangat sulit untuk memahami semua fungsi yang terdapat pada menu dasbord ini,padahal kalau kita mengetahui justru itu akan lebih baik untuk kemajuan blog kita semua.
Kenapa demikian? karena semua setting-setting penting dimulai dari sini,bila anda keliru dan salah mengisi data atau bahkan mengabaikannya,sampai kapanpun blog anda tidak akan memiliki pengunjung,hal itu disebabkan karena anda salah dalam melakukan setting pengaturan yang mengakibatkan blog anda tidak bisa di akses dan ditelusuri oleh mesin pencari,tentu sangat disayangkan apabila blog kita memiliki ratusan artikel sakti dan menarik tapi tidak bisa di nikmati oleh orang yang membutuhkan dan semuanya itu menjadi sia-sia,tapi buat anda yang sudah terlanjur mengabaikan hal itu,saya sarankan anda untuk terus membaca hingga anda faham lalu mempraktekkannya.

Dasbord blogger terdiri dari menu-menu yang perlu di setting dan menu-menu yang berisi informasi,berikut ini menu-menunya :

  • Entri baru
  • Iktisar
  • Pos
  • Laman
  • Komentar
  • Google plus
  • Statistik
  • Tata letak
  • Templat
  • Setelan
Menu-menu tersebut merupakan menu dasar yang harus kita pahami,walaupun kita tidak menguasai secara penuh paling tidak kita bisa memiliki gambaran tentang setting blog kita ini seperti apa dan bagaimana,berikut penjelasannya.
  • Entri baru, ini adalah menu tempat kita menulis artikel baru,mengupload gambar,membuat link dan lainnya,pokoknya menu ini menjadi nyawa dalam sebuah blog,sebelum postingan atau artikel terbit maka terlebih dahulu tulisan itu nangkring dan diedit ditempat ini terlebih dahulu,singkatnya ini adalah dapur tempat untuk meracik tulisan yang menjadi artikel setiap blog.Pada menu ini terdapat setelan entri yang berisi label,label memiliki fungsi layaknya kategori untuk mengelompokkan pos mana saja yang memiliki satu bahasan saling berkaitan,sebagai contoh apabila saya hendak menulis artikel berjudul : Kumpulan Situs Blog Autofollow untuk twitter,maka saya akan mengkategorikan post tersebut kedalam Tips twitter maka secara otomatis artikel tersebut berlabel Tips twitter dan begitu seterusnya,singkatnya label mempermudah pengunjung untuk mengetahui informasi artikel yang mereka baca itu berkategori apa.Berikutnya menu jadwal,beri centang pada pilihan otomatis,tautan permanen berfungsi untuk mengetahui url suatu postingan yang sedang kita buat dan kita bisa mencopynya dan membuat link dalam postingan,Lokasi biarkan dan lewati,Deskripsi penelusuran berfungsi untuk menjelaskan secara singkat isi dari postingan dan panjangnya tidak boleh lebih dari 150 karakter,Pilihan cuekkan dan lewati saja.
  • Iktisar, menu ini berfungsi memberikan ringkasan informasi kepada kita tentang jumlah pengunjung,darimana pengunjung berasal dan darimana saja yang terbanyak,jumlah komentar,jumlah post yang telah kita terbitkan dan jumlah pengikut blog kita apabila kita mempunyai pengikut.
  • Post, berupa kumpulan artikel yang pernah kita tulis baik yang sudah terbit maupun yang masih draft,menu ini berfungsi untuk melakukan edit pada artikel yang sudah terbit maupun yang belum terbit.
  • Laman, berfungsi untuk membuat halaman statis yang terpisah dengan artikel seperti halaman kontak,hubungi kami,tentang saya,buku tamu,daftar isi dan masih banyak lagi,cara penggunaannya sama pada menu entri baru.
  • Komentar, menu ini berfungsi untuk melihat menghapus menerbitkan dan memoderasi setiap komentar yang masuk
  • Google plus, berfungsi sebagai laman google plus anda,bila anda mengkliknya maka menu ini akan menampilkan profil google plus anda,seperti halnya facebook google plus merupakan jejaring sosial semacam facebook dan twitter,namun google plus sudah terintegrasi dengan blogspot anda.
  • Statistik, memberi informasi tentang pos-post apa saja yang telah dibaca pengunjung dari mana asal mereka,browser apa yang mereka pakai,serta kata kunci apa saja yang diketik pengunjung hingga sampai pada blog anda,statistik memiliki fungsi yang sama pada google analytic namun memiliki fitur  yang terbatas.
  • Tata letak, berfungsi untuk mengatur,menambah serta menghapus segala element atau hiasan yang ada pada blog atau yang lebih dikenal dengan sebutan widget,contoh ; apabila anda hendak memasang widget jam atau widget terjemahan maka anda harus melalui menu ini,begitupun untuk menghapusnya harus melaluli menu ini.
  • Menu Templat, berfungsi untuk melakukan back-up templat,maupun mengupload templat yang baru kita download apabila kita hendak mengganti templat,dan berfungsi pula untuk melakukan edit HTML,untuk memasang kode google analytics,kode alexa,kode facebook maupun kode lainnya yang berupa huruf HTML.
  • Setelan, karena bahasannya begitu panjang dan merupakan bahasan yang paling vital pada menu dasbord,maka bahasan ini akan saya posting pada artikel terpisah,silahkan anda tunggu update terbaru artikel saya selanjutnya tentang hal ini nanti.
Demikian penjabaran singkat saya mengenai Fungsi Dan Kegunaan Menu Dasbord Blogger, walaupun penjelasannya singkat mudah-mudahan bisa memberikan pemahaman kepada kita semua.

Terimakasih.

    0 komentar on Fungsi Dan Kegunaan Menu Dasbord Blogger :

    Poskan Komentar