Cara Membuat Nasi Uduk Ala Betawi


Cara Membuat Nasi Uduk Ala Betawi
Nasi uduk merupakan makanan khas betawi yang kini makin banyak sekali peminatnya,makanan berkategori makanan berat ini banyak dikonsumsi dipagi hari sebagai menu sarapan pagi,namun tak sedikit pula orang mengkonsumsinya dimalam hari.

Dalam postingan berkategori resep masakan kali ini,bloger ciketing akan membagi resep cara membuat nasi uduk yang gurih ala betawi,berikut langkah-langkahnya:

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat nasi uduknya
Beras biasa yang sudah dicuci bersih 1 liter (direndam didalam baskom selama 1-3 jam)
Daun salam 10 lembar
1 batang pohon sereh dicuci bersih
1 Siung lengkuas/laos  
1 Buah kelapa tua kemudian diparut kemudian diambil santannya

Cara membuatnya:
Masak beras didalam panci dan tambahkan air secukupnya,tambahkan pula air santan perasan kelapa tadi,untuk hasil yang lebih gurih tambahkan santan sebanyak 2 gelas minum,aduk dan diamkan selama beberapa menit hingga menjadi aron.

Angkat aronnya,kemudian dikukus didalam langseng,tambahkan daun salam,batang sereh,beserta lengkuasnya,biarkan hingga nasi terasa kesat dan pulen.
Jika sudah matang,nasi siap untuk diangkat agat dapat dihidangklan bersama lauk pauknya.
Bahan-bahan untuk lauknya  

(bihun)
Siapkan bihun seperempat kilogram,kemudian direndam agar empuk
Siapkan 2 siung bawang merah dan 2 buah cabai merah keriting,kemiri dan seledri ulek hingga halus
Tumis bumbu yang baru di haluskan dengan secentong minyak goring,tumis hiongga harum,jika sudah tambahkan bihun yang sudah direndam tadi,aduk hingga merata dengan bumbu,kemudian tambahkan 3 sendok makan kecap manis,aduk hingga berwarna kecoklatan,siap untuk diangkat.
Cara Membuat Nasi Uduk Ala Betawi
(semur jengkol)
Siapkan seperempat jengkol tua,cuci dan rebus,jika sudah empuk angkat dan cuci lagi dan dikeprek hingga berbentuk gepeng,setelah itu rendam jengkol yang sudah di keprek.
Siapkan 4 siung bawang merah,bawang putih,garam,daun salam,lengkuas,diulek semua hingga halus
Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan 5 sendok mminyak goring,setelah harum silahkan masukkan jengkol yang telah melalui proses perendaman tadi,auk hingga bumbunya meresap semua.
Setelah itu tambahkan kecap manis sekitar 6-7 sendok makan,aduk hingga rata.
Tuangkan santan 1 gelas ukuran sedang kedalam olahan tersebut,aduk hingga santannya menyatu dengan jengkol,tambahkan air secukupnya sesuai selera,kemudian masukkan penyedap rasa.tunggu hingga 5-10 menit.Sayur jengkol sipa untuk dihidangkan bersama nasi uduk beserta bihun goreng.

Selamat menikmati.


0 komentar on Cara Membuat Nasi Uduk Ala Betawi :

Poskan Komentar