Cara mengetahui Tanda Awal Demam Berdarah


Salah satu gejala demam berdarah dengue (DBD) yang masih banyak diyakini masyarakat adalah munculnya bintik-bintik merah di kulit. Tapi terkadang bintik merah ini tidak muncul di permukaan kulit.

"Sebenarnya ada cara yang sederhana yaitu dengan diprovokasi gitu," ujar dr Darmawali Handoko, MEpid, Kepala seksi standarisasi sub-direktorat arbovirosis, Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Kemenkes dalam acara Pengumuman Jumantik dan Kelurahan Teladan Kampanye 'Tepat Tangani Demam' di Restoran Tesate, Jakarta, Kamis (22/11/2012).

dr Koko menjelaskan cara provokasi ini adalah dengan melakukan pembendungan antara tensi (tekanan darah) diastolik dan sistolik, kemudian dibiarkan selama 5-10 menit lalu lihat apakah timbul bintik merah atau tidak.

"Jadi tidak perlu menunggu sampai bintik merah ini timbul di permukaan, biasanya dilakukan oleh petugas kesehatan, itu salah satu cara untuk melihat tanda-tanda awal demam berdarah," ungkapnya.

dr Koko menuturkan jumlah kasus demam berdarah pada tahun 2011 mencapai 65.000-an kasus per tahun. Namun jumlah kasus biasanya tidak sama setiap bulannya, karena tergantung dari banyaknya genangan air.

"Sudah musim hujan, kewaspadaan harus lebih besar lagi, tidak hanya dirumah, tapi juga di hotel atau tempat makan. Dan para jumantik ini bisa menjadi pengawas," tutur dr Koko.

Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kemenkes, seseorang dicurigai demam berdarah jika ia mengalami gejala-gejala berikut ini yaitu:


1. Demam mendadak ditambah 2 gejala di bawah ini
2. Sakit kepala
3. Nyeri di belakang mata
4. Nyeri otot
5. Nyeri tulang
6. Ruam (bercak merah) di kulit
7. Muncul tanda peedarahan
8. Leukosit atau sel darah putihnya rendah
9. Uji serologi dengue positif
10. Ada tetangga yang diketahui positif demam berdarah dengue

Fase dari demam berdarah ini ada masa inkubasinya yaitu sekitar 5-9 hari mulai dari infeksi sampai dengan timbul gejala. Lalu dilanjutkan dengan fase akut yang mana sudah muncul gejala sekitar 1-3 hari dan pada hari ke 4-6 merupakan fase kritis. Pada kondisi itulah bisa terjadi kebocoran pembuluh darah kapiler.

Selain melalui tes bendung ini, diagnosis DBD bisa dilakukan melalui tes IgG/IgM dan juga tes NSI. Kedua tes ini akurat, tapi harus melihat waktu pemeriksaannya. Jika demam baru terjadi 2 hari maka dilakukan tes SNI, tapi jika demam hari kelima maka dilakukan tes IgG/IgM.

Sukses: http://health.detik.com/read/2012/11/22/174110/2098678/763/ini-cara-melihat-tanda-awal-demam-berdarah

0 komentar on Cara mengetahui Tanda Awal Demam Berdarah :

Poskan Komentar