tempat atau daerah wisata menakjubkan yang ada di Kabupaten kebumen


Tempat-tempat atau daerah wisata yang menarik yang ada di Kabupaten kebumen, jawah tengah!!
mulai dari pantai, goa, dan tempat bersejarah lainnya!!
1. Goa Jatijajar
Dibentuk alam selama ribuan tahun, muncullah sebuah karya nan indah yang menawarkan nuansa lain. Tempat berpetualang di perut bumi, namun santai dan menyenangkan yang terletak 21 kilometer ke arah selatan Gombong, atau 42 kilometer arah barat Kebumen.
Gua Jatijajar berada di kaki pegunungan kapur. Objek wisata ini sungguh sangat menarik. Pegunungan kapur ini memanjang dari utara dan ujungnya di selatan menjorok ke laut berupa sebuah tanjung.
2.Arung Jeram Padegolan
Tempat Wisata arung jeram yang bisa dimulai di Desa Sendang Dalem, Kecamatan Prembun, kawasan Waduk Lintang, Kebumen, dengan air sungai yang jernih, karakteristik sungai yang berkelok dengan batu-batu besar dan beberapa jeram yang membutuhkan ketrampilan untuk melewatinya, dengan titik akhir di Bendungan Pejengkolan.
3. Gua Petruk,

Tempat Wisata Kebumen di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kec Ayah, 6 Km dari Gua Jatijajar, denjgan suara tetesan air kapur yang tak pernah henti. Stalaktitnya sangat indah; ada yang menyerupai tokoh Semar, bapak jenggot, anjing duduk serta, maaf, payudara wanita, yang bisa dijangkau tangan. Dewasa: Rp. 8.000, anak Rp. 4.500
4. Masjid Saka Tunggal
Tempat Wisata Kebumen di Desa Pekuncen, Kec Sempor, 15 km dari kota Gombong, yang diyakini merupakan masjid tertua di Kebumen; dibangun sekitar 1719 pada masa Adipati Mangkuprojo.
5. Pantai Logending,

Tempat Wisata Kebumen di Kec Ayah, 9 Km dari Goa Jatijajar dengan tepian pantai luas yang bisa dinikmati dengan menyewa perahu menyusuri muara Sungai Bodo, serta menyaksikan keindahan matahari tenggelam.
6. Pantai Karangbolong

Tempat Wisata Kebumen sekitar 40 km dari pusat kota, dengan pantai landai luas berpasir halus kasar berwarna kelabu. Di sisi timur terdapat Gua Karangbolong sepanjang 30 m, lebar 10 m dan tinggi 5 m yang diperkirakan berumur 15-30 juta tahun dan digunakan sebagai sarang burung walet. Bisa ditempuh melalui Gombong, atau melalui Petanahan – Pantai Suwuk.
7. Pantai Petanahan
Tempat Wisata Kebumen di Desa Karanggadung, Kec Petanahan, 17 Km dari Kota Kebumen, dengan gelombang ombak pantai selatan yang besar dan berkejaran tanpa henti dengan debur yang keras.
8. Pantai Tanjung Bata dan Pantai Menganti

Tempat Wisata Kebumen yang berjarak sekitar 7 Km dari Pantai Ayah sebelah timur, dengan pasir putih, karang terjal yang menyerupai batu raksasa dan perbukitan; jalan menuju pantai menganti cukup berliku, banyak jalan yang cukup terjal karen aterletak di daerah perbukitan. tapi setelah sampai di pantai Menganti rasa lelah tersebut terbayar lunas akan keindahan pantai Menganti…”
9. Pemandian Air Panas Krakal

Tempat Wisata Kebumen di Desa Krakal, Kec Alian, 11 km dari pusat Kota Kebumen, merupakan pemandian air panas mengandung belerang yang bisa menyembuhkan penyakit kulit. Mata airnya berasal dari formasi batuan Penosogan Karangsambung, dengan suhu 40 derajat Celcius.
10. Waduk Sempor

Tempat Wisata Kebumen yang berada di kecamatan sempor sekitar 32 km dari pusat kota; pemandangan di sekeliling waduknya bisa dinikmati dengan naik speedboat atau perahu tradisional.
11. Waduk Wadas Lintang

Tempat Wisata Kebumen di Kec Wadas Lintang, 34 Km dari Kota Kebumen, yang menggunakan Kali Gede sebagai sumber air utamanya. Waduk ini disukai oleh penggemar olah raga memancing.
waduk ini tereletak di perbatasan kebumen dan Wonosobo..
12. Benteng Van Der Wijck

Tempat Wisata Kebumen di Kota Gombong, 21 km dari Kota Kebumen, dengan luas 3607 m2 di bagian atas dan bawah, yang dibangun Belanda pada abad ke-18. Tinggi Benteng 10 m, cerobong 3 m, dan terdapat 16 barak.
13. Pantai Lembupuwo/Mirit
Pantai lembupurwo terletak di bagian selatan dan ujung timur kabupaten kebumen, pantai ini memiliki pemandangan yang indah ,karena di tepi pantai terdapat pohon cemara yang cukup rindah , jadi enak buat refresing. Disana juga terdapat kolam seperti danau air tawar yang indah, sehabis mandi di pantai bias langsun mandi di kolam tersebut. Anda tertarik?? Ayoh berkunjung ke pantai lembupurwo, kab.Kebumen, kec. Mirit, desa lembupurwo, letaknya mudah di jangkau, dekat jalur selatan/jln.Deandeles!!!
14. Gunung pranji
gunung pranji terletak di sebelah barat laut kota kebumen, terletak di kecamatan pejagoan; di puncak gunung Pranji kita dapat menikmati  indahnya sunset/sunrise, jika kondisi cerah. kita juga dapat melihat indahnya kota kebumen, gombong dan sekitarnya dari puncak gunung pranji, kita juga dapat melihat laut selatan dari puncak gunung….
.:::.Ayoo siapa yang mau berkunjung ke tempat asalku, dan masih banyak tempat menarik yang belum tercantum di atas,,
kalo jalan-jalan ke Kebumen jangan lupa membeli oleh-oleh khas produk kebumen, yaitu lanting!!!

0 komentar on tempat atau daerah wisata menakjubkan yang ada di Kabupaten kebumen :

Poskan Komentar