Sesatkah Aliran Hizbut Tahrir?


Hizbut Tahrir Indonesia Itu Apa?Sebuah Aliran Sesat? Pertanyaan yang seringkali mengusik ini tentu tidak mesti dijawab dengan njelimet.Hizbut Tahrir Indonesia yang sering disingkatHTI adalah salah satu kelompok gerakan Islam sebagaimana Salafy, Ihwanul Muslimin, Jamaah Tabligh, dan beberapa kelompok Islam lainnya, yang pada dasarnya merupakan implementasi gagasan pembaruan Islam. Gerakan semacam ini pada tahapan tertentu mengambil bentuk organisasinya sendiri hingga terbentuk kelompok kelompok yang saling terpisah berdasarkan ciri masing masing.Apakah gerakan semacam itu sesat?Berikut Penjelasannaya

Apakah Hizbut Tahrir Itu?

Hizbut Tahrir adalah kependekan dari nama aslinya Hizb at Tahrir al Islami (Partai Pembebasan Islam) yang didirikan di Al Quds pada tahun 1952 oleh Taqiyudin an Nabhani (Hafidzul Quran, Qadhi/hakim Palestina lulusan Al Azhar)Hizbut Tahrir bermaksud membangkitkan kembali umat Islam dari kemerosotan yang amat parah, membebaskan umat dari ide-ide, sistem perundang-undangan, dan hukum-hukum kufur, serta membebaskan mereka dari cengkeraman dominasi dan pengaruh negara-negara kafir. Hizbut Tahrir bermaksud juga membangun kembali Daulah Khilafah Islamiyah di muka bumi, sehingga hukum yang diturunkan Allah SWT dapat diberlakukan kembali.

Sifat Hizbut Tahrir Indonesia
Organisasi Hizbut Tahrir Indonesia bersifat terbuka (meski di masa rezim Suharto tidak demikian). Kajian kajian keislamannya dapat dijadikan sumber pengkayaan pemikiran Islam, meskipun implementasi di lapangan masih perlu dukungan intelektual yang lebih cerdas. Dari beberapa prinsip ajarannya nampak Hizbut Tahrir mengutamakan dakwah politik yang lebih bersifat lisan. Dari sudut pandang politik Indonesia HTI telah mengambil peran sebagai oposan. Tentu saja jika memiliki dukungan Intelektual yang memadai akan lebih mampu mewarnai pengambilan keputusan politik di negeri ini. 

 Hizbut Tahrir Indonesia Sesat?
Tentu saja tidak mungkin kita sembarangan mengatakan sesat. Dari sejarahnya kita melihat bahwa HT hanyalah sekelompok kaum muslimin yang berusaha memperjuangkan Islam dengan cara dan penafsiran mereka sendiri. Sepanjang yang mereka lakukan tidak bertentangan dengan Quran dan contoh Rasulullah maka tidak dapat dihukumi sesat. Dan dalam perjalanan sejarahnya HT belum terlihat menafikkan kelompok Islam yang lain sehingga tingkat penerimaan masyarakat relatif biasa saja, (tidak ada resistensi masyarakat). Namun memang ada beberapa pengikut HT yang karena ketidaktahuannya atau karena akhlak pribadinya yang kurang mendukung seringkali berbenturan dengan kelompok Islam yang lain. Yang paling sering mengemuka dalam kasus kasus semacam ini adalah sifat merasa diri paling benar, paling nyunnah dibanding kelompok lain. Sifat seperti ini bukan hanya milik satu kelompok melainkan hampir semua orang yang berafiliasi dengan kelompok tertentu mengidap penyakit ini.(bangga dengan pendapat kelompoknya, sembari meremehkan pendapat kelompok lain).

Hizbut Tahrir (Dinamika Perjuangan Umat Islam)

HTI termasuk salah satu organisasi perjuangan umat Islam Indonesia yang cukup progresif. Kita bisa lihat  aksi turun ke jalan yang mereka lakukan seringkali menghiasi surat kabar. Internet dan media cetak juga menjadi wahana dakwah yang dengan serius mereka garap. Dukungan intelektual yang memadai juga mereka miliki. Kenyataan ini sebenarnya membuka peluang HTI menjadi salah satu alternatif yang memperkaya dinamika perjuangan Umat Islam Indonesia. 

Khilafah (Isu Utama Pemikiran Hizbut Tahrir)


(by Adil Muhammad Isa)

0 komentar on Sesatkah Aliran Hizbut Tahrir? :

Poskan Komentar