kumpulan masalah Yamaha vixion dan cara mengatasinya


Yamaha vixion salah satu motor sport yang diminati oleh orang Indonesia. Dan juga sebagai leader di kelas motor sport,ini mencerminkan motor ini banyak bersliweran di jalan. Oke, sebagai benda buatan manusia motor ini juga tidak sempurna alias ada masalah(bukan banyak masalah). Berdasarkan apa yang saya baca dan saya rasakan ada beberapa problem yang lumayan mengganggu. Antara lain:

Pompa Bensin macet, karat dan bocor
Mesin brebet/ndut2an
Susah oper gigi khususnya saat dinetralkan

Untuk masalah yang pertama; bila hal ini terjadi gejala yang dirasakan adalah motor sering mogok, karena ini aliran bensin yang kurang lancar ke ruang bakar. Nah yang bertugas menyuplai bensin keruang bakar ada piranti yang disebut pompa bensin, yang letaknya di dalam tangki motor. Biasanya piranti ini yang bermasalah, penyebabnya antara lain karena kelamaan berjemur di bawah terik matahari, tangki sering kosong dan memakai obat penambah oktan yang berbentuk padat dan susah hancur sehingga  ada partikel yang masuk ke saluran pompa bensin dan membut pompa bensin mampet. Saluran tersebut sangat kecil ukurannya dan bersifat sensitif apalagi jika terkena panas dan tersumbat kotoran. Bila tangki sering kosong juga dapat mengakibatkan hal tersebut, logikanya seperti ini, tangki kosong berarti dinding tangki juga mongering dan jadi kerak, pada saat mengisi bensin kembali kotoran akan turun dan masuk ke saluran pompa bensin. Nah mulai sekarang dibiasakan untuk jangan terlalu sering membiarkan tangki bensin kosong.

Untuk masalah yang kedua yaitu mesin brebet hal ini terjadi bisa karena pemakaian knalpot yang tidak pas, kemudian bisa juga disebabkan oleh busi yang hampir mati, ataupun busi yang tidak cocok dengan vixion. Biasanya tertukar dengan businya Jupiter MX(pengalaman pribadi).

Masalah yang terakhir adalah susah oper gigi terutama saat dinetralkan. Yang harus dicek adalah posisi tuas penekan kopling dan dan tempatnya di tutup mesin sejajar atau tidak. Bila tidak maka kopling tidak bekerja secara sempurna. Akibatnya jelas ngoper gigi akan terasa keras dan susah. Yang bisa dilakukan adalah tuas penekan kopling dan tempat kopling di bak mesin dibikin sejajar, caranya adalah penyetelan di pangkal selang kabel kopling, dan bila masih terasa keras dilakukan juga pengecekan pada batang tuas penekan kopling. Dan harus diganti. Salah satu masalah dengan vixion sudah dibahas kemungkinan masih ada yang lain. Semoga artikel ini bisa membantu.

sumber;http://bahasotomotif.com/2012/07/problem-yamaha-vixion-dan-cara-mengatasinya/

0 komentar on kumpulan masalah Yamaha vixion dan cara mengatasinya :

Poskan Komentar