Ini Dia Penyebab Jatuhnya Pesawat Lion Air


Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menduga pesawat Lion Air jatuh ke laut karena undershoot. Artinya pilot terlalu cepat mendaratkan pesawat.

"Mungkin undershoot. Kenapa undershoot? Itu yang masih kita cari," kata Kepala Sub Penelitian Kecelakaan Transportasi Udara KNKT Masruri, di Jakarta, Minggu (14/4).

KNKT masih memeriksa pilot M. Gozali yang menerbangkan pesawat nahas itu. Pemeriksaan awal, pilot senior Lion Air itu tak terindikasi menggunakan narkoba.

"Pemeriksaan pilot sedang berjalan. Tidak bisa hari ini selesai. KNKT hanya mencari bagaimana kecelakaan itu terjadi," katanya.

Pihak KNKT menunggu air pasang untuk menarik bangkai pesawat yang terbelah itu. Mereka tak ingin merusak terumbu karang. Untuk tumpahan avtur pun, pihak Bandara Ngurah Rai sudah mempersiapkan ratusan drum agar minyak tak mencemari lautan.

Sementara itu, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Minggu (14/4), mengatakan hasil penyelidikan KNKT terhadap pesawat Lion Air yang jatuh di Bali akan menjadi referensi Kementrian Perhubungan dalam mengambil tindakan terhadap perusahaan itu.

Dia menambahkan, tindak lanjut yang akan dilakukan terhadap maskapai itu antara lain berupa teguran atau sanksi.

"Kami masih berkoordinasi dengan KNKT untuk menyelidiki penyebab jatuhnya Lion Air rute Bandung-Denpasar di laut di ujung landasan bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, sabtu (13/4)," katanya.

Mangindaan mengatakan, dari seluruh penumpang Lion Air tinggal lima orang yang masih perlu perawatan di rumah sakit setempat. Seluruh biaya perawatan dan pengobatan penumpang akan ditanggung oleh maskapai penerbangan.

Sumber:http://www.pikiran-rakyat.com/node/231054

0 komentar on Ini Dia Penyebab Jatuhnya Pesawat Lion Air :

Poskan Komentar