Awas Kangker Usus Jika Anda Merasakan Gejala seperti Ini


KABAR duka datang dari dunia fashion Indonesia. Desainer senior, Ramli, tutup usia akibat kanker usus yang dideritanya. Anda patut waspada, karena kanker ini dapat menyerang siapa saja.


Kanker usus besar merupakan jenis kanker yang terbentuk di dalam rektum atau usus besar. Kanker usus besar biasanya dimulai sebagai polip jinak, yang berasal dari kelenjar yang melapisi usus. Para ahli juga mencatat bahwa ada beberapa bukti bahwa pilihan gaya hidup yang tidak sehat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker usus besar, termasuk diet tinggi lemak, rendah serat dengan konsumsi tinggi daging merah, konsumsi alkohol, dan merokok. Berikut ini beberapa gejala dari kanker usus, seperti dilansir Livestrong.



Perubahan kebiasaan usus

Salah satu gejala awal dari kanker usus besar adalah perubahan kebiasaan buang air besar secara teratur. Diare atau sembelit yang tidak umum dapat terjadi. Sebuah perubahan konsistensi tinja selama lebih dari beberapa pekan merupakan perubahan kebiasaan buang air besar dan harus didiskusikan dengan dokter. Tanda peringatan lain adalah adanya darah dalam tinja atau perdarahan rektum, meskipun terkadang darah dalam tinja sering tak terlihat.

Perut tidak nyaman

Nyeri perut dan muncul rasa tidak nyaman juga menjadi salah satu gejala kanker usus besar. Gas dan kram sering terjadi, terutama jika usus besar terhambat oleh tumor kanker yang memblokir jalur normal pada saluran pencernaan. Nyeri di daerah perut dapat terjadi pada kanker usus besar. Beberapa pasien mengalami perasaan seperti usus tidak pernah kosong.


Gangguan berat badan

Gejala kanker usus besar juga dapat hadir dengan penurunan berat badan yang tidak disengaja. Diare kronis pada kanker usus menyebabkan penurunan penyerapan gizi dan mungkin menjadi penyebab penurunan berat badan. Juga, nafsu makan yang rendah menyebabkan asupan menurun. Anemia atau rendahnya tingkat zat besi dalam darah dapat terjadi jika kanker usus besar menyebabkan perdarahan dan ini juga dapat dikaitkan dengan asupan nutrisi yang menurun, serta penurunan berat badan.

Sumber:http://health.okezone.com/read/2013/01/23/482/750680/perut-tak-nyaman-waspada-kanker-usus

0 komentar on Awas Kangker Usus Jika Anda Merasakan Gejala seperti Ini :

Poskan Komentar