Kenapa Sangat Penting Belajar Bahasa, Khususnya Belajar Bahasa Inggris?

Bahasa Inggris pada zaman sekarang sudah menjadi bahasa International, jadi itu sudah merupakan tantangan yang sangat nyata bagi semua orang. Setidaknya kita bisa menguasai bahasa inggris secara pasif, tetapi akan lebih baik jika kita mau belajar bahasa inggris dan bisa menguasai bahasa inggris dengan aktif baik secara lisan (oral) ataupun tertulis (written).

Saya pribadi sudah belajar bahasa inggris dan menyukainya sejak SMU (Sekolah Menengah Umum). Ini adalah alasan bagi saya untuk menulis beberapa artikel tentang pentingnya bahasa inggris untuk dunia pendidikan dan pekerjaan. Saya menyarankan untuk membaca artikel-artikel yang saya tulis untuk semua kalangan yang tertarik belajar bahasa inggris mulai dari basic, intermediate, dan advance ataupun bagi mereka yang akan menghadapai ujian (English examination) serta bagi mereka juga yang ingin mengenal lebih dekat dengan ilmu pengetahuan ini dengan mengembangkan structure(English Grammar), kosa kata bahasa inggris (vocabulary), listening, dan English Conversation.

Yah… memang saya bukan native speaker. Saya adalah orang Indoensia dan saya sudah tinggal di Indonesia sejak saya dilahirkan, jadi dengan rendah hati saya mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan karena saya hanya ingin menguraikan topik bahasa Inggris ini melalui sudut pandang saya sendiri.

Dalam belajar bahasa Inggris, vocabulary (kosa kata bahasa inggris) itu sangat banyak jumlahnya, kira-kira 1 juta kata atau lebih, dan mungkin anda tidak akan bisa menghafal setiap katanya, anda harus memahami dan menghafalkan kata demi kata dan meningkatkan jumlah perbendaharaan katanya setiap harinya. Anda pasti sering menemukan kalimat bahasa inggris di suatu tempat baik sekolahan, universitas, ataupun tempat umum. Dari sini kita sudah dapat menilai bahwa belajar bahasa inggris itu sangat penting, setidaknya kita bisa bahasa inggris secara pasif.

Bahasa inggris sudah masuk ke dalam struktur tatanan bahasa ke berbagai macam negara juga. Jadi, akan baik bagi kita untuk mengetahui arti dari kata-kata yang masuk dalam tatanan bahasa kita karena itu dapat terjadi kapan saja seiring dengan perkembangan zaman.

Sekedar informasi dari saya bagi anda yang belajar bahasa inggris, ada istilah EFL (English as a Foreign Language) yang berarti bahasa inggris tersebut digunakan sebagai bahasa utama atau bahasa asli dalam suatu area, misalnya dibenua Eropa dan Amerika. Dan jika bahasa inggris itu digunakan sebagai bahasa kedua (second language), kita menyebutnya ESL (English as a Second Language).

Berdasarkan aspek pembelajaran bahasa inggris sebagai bahasa kedua (second language) khususnya bagi pemula, tentunya pelajar ESL akan lebih difokuskan untuk belajar bahasa inggris lebih cepat daripada pelajar EFL karena mereka harus focuk dalam belajar grammarbahasa Inggris dan percakapan bahasa Inggris yang berguna untuk percakapan sehari-hari.

Bagaimanapun, yang terpenting adalah pelajar harus mendapatkan materi pembelajaran yang bagus dan berbobot. Kamus yang berkualitas, materi grammaryang lengkap, contoh dan pengembangan percakapan bahasa Inggris, pronunciation (pengucapan), dan elemen-elemen lainnya yang perlu dipelajari dalam penguasaan bahasa inggris seperti listening, writing, dll.

Ada banyak cara untuk meningkatkan keahlian bahasa inggris anda, contohnya: anda bisa memulai dengan mempraktekkan berbicara bahasa inggris (speaking English), membaca artikel bahasa Inggris baik di koran, majalah, atau internet, mencoba membuat karangan berbahasa inggris untuk meningkatkan writing skill anda. Gunakan media yang ada dengan maksimal, seperti: mendengarkan musik atau menonton film berbahasa Inggris untuk meningkatkan listening skill anda.

Sejujurnya, saya pribadi juga sudah dan masih tetap belajar dari hari ke hari, karena saya rasa ilmu bahasa itu sangat mudah hilang jika tidak digunakan atau di praktekkan. Mengingat akan pentingnya bahasa Inggris, semoga artikel ini bisa memberi motivasi bagi anda untuk mau mulai belajar bahasa inggris dan jangan lupa untuk mempraktekkannya karena itu sangat penting. Jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.


JANGAN HINDARI BAHASA INGGRIS, TAPI PELAJARI!!!

“YOU ARE A DEAD MAN WITHOUT ENGLISH KNOWLEDGE”

0 komentar on Kenapa Sangat Penting Belajar Bahasa, Khususnya Belajar Bahasa Inggris? :

Posting Komentar