Apa Itu Scanner.?


Apa Itu Scanner


Scanner dalam dunia komputer masuk dalam kategori perangkat keras atau hardware,scanner adalah merupakan suatu alat yang berfungsi seperti mesin fotokopi, yaitu dengan cara memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital.

Hasil scanner ditampilkan pada layar monitor komputer terlebih dahulu kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file, teks, dokumen dan gambar.

Perangkat input scanner dapat berupa pembaca mengenal karakter tinta magnetic atau magnetic ink character recognition (MICR) dan optical data reader. MICR reader biasanya digunakan untuk transaksi cek pada suatu bank, yang ditulis dengan tinta magnetic yang hanya bisa dibaca dengan perangkat MICR dan tidak bisa dibaca dengan mata manusia.

Optical Data Reader

hampir seperti MICR, namun lebih fleksibel yang dapat berupa Optical Character Recognition (OCR) reader, OCR text reader, barcode wand dan Optical Mark Recognition (OMR) reader. OCR reader dapat membaca dokumen baik yang ditulis dengan huruf cetak maupun tulisan tangan. OCR text reader banyak digunakan di took-toko atau gudang untuk membaca label data barang dalam bentuk (font) karakter OCR.

Barcode wand adalah perangkat yang digunakan untuk membaca label data barang yang berbentuk kode-kode barang (bar), yang saat ini digunakan hampir sebagian besar supermarket untuk mendeteksi harga barang. OMR reader banyak digunakan untuk penilaian tes (test scoring), jawaban dari tes diberikan pada kertas mark sense form, yang berupa lingkaran-lingkaran keil yang biasanya harus diisi dengan menggunakan pensil 2B.

Demikianlah sekelumit tentang pengertian scanner dan cara kerjanya secara umum,semoga dapat menambah wawasan kita dalam bidang komputer dan hardware.

Baca juga yang ini : Download Driver Printer Dan Scanner

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2067211-pengertian-scanner/#ixzz2L1ksbKE6

0 komentar on Apa Itu Scanner.? :

Posting Komentar