Penggunaan Conjunctions "Either - Or" dan "Neither - Nor"

Perhatikan contoh penggunaan Either – Ordan Neither – Nor pada tabel di bawah ini. Either – Or dan Neither – Nor adalah paired conjunctions (konjungsi berpasangan).

Either my mother or my sister is here.
(Artinya: Baik ibu saya atau saudara perempuan saya ada disini.)

Neither my sister nor my parents are here.
(Artinya: Tidak juga saudara perempuan saya atau orang tua saya ada di sini.)

CATATAN
Either – or bermakna positif, sedangkan Neither – nor bermakna negatif.
Ketika dua subject dihubungkan dengan either – or dan neither - nor, subject yang terdekat dengan kata kerja (verb) atau to be yang menentukan apakah dalam bentuk tunggal atau jamak.

Perhatikan contoh di samping, Either my mother or my sister is here. Pada kalimat ini setelah penggunaan either – or diikuti oleh to be bentuk tunggal “is” untuk mewakili my sister sebagai subject terakhir / terdekat.

Begitu juga dengan contoh kalimat, Neither my sister nor my parents are here. setelah penggunaan neither  – nor diikuti oleh to be bentuk jamak “are” untuk mewakili my parents sebagai subject terakhir / terdekat.
I’ll take either chemistry or physics next quarter.
(Artinya: Saya akan mengambil baik kimia atau fisika pada semester depan.)

That book is neither interesting nor accurate.
(Artinya: Buku itu tidak juga menarik ataupun  akurat.)
Berdasarkan struktur serupa pada contoh di samping, Bentuk tata bahasa yang bisa digunakan seharusnya juga sesuai dengan pasangan katanya masing-masing:

Either + noun + or + noun
Neither + adjective + nor + adjective

CATATAN
Paired conjunctions (konjungsi berpasangan) juga disebut dengan correlative conjunctions. Untuk informasi selengkpanya mengenai Paired conjunctions, silahkan baca juga mengenai Penggunaan Conjunctions "Both – And" dan "Not Only – But Also".

Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

0 komentar on Penggunaan Conjunctions "Either - Or" dan "Neither - Nor" :

Poskan Komentar