[HOT] Bike Sharing, Indonesia Pelopor Pertama Penyewaan Sepeda di Asia Tenggara

A bicycle sharing system is a service in which bicycles are made available for shared use to individuals who do not own them.
bike sharing sistem adalah sebuah layanan dimana sepeda-sepeda disediakan untuk digunakan bagi mereka yang tidak memiliki sepeda
source : wikipedia [imagetag]

Wali Kota Bandung Resmikan Program Bike Sharing
Bandung - Wali Kota Bandung Dada Rosada meresmikan Bike Sharing di Jalan Buah Batu Bandung, Minggu (10/6/2012). Program tersebut diluncurkan Komunitas bike.bdg yang didukung oleh Bandung Creative City Forum (BCCF). Bike sharing alias sewa sepeda sebagai solusi alternatif untuk penyediaan transportasi sehat dan ramah lingkungan.

"Ini bisa jadi promosi yang bagus bagi Bandung, jawa barat bahkan Indonesia. Karena penyewaan sepeda ini baru pertama di Indonesia," ujar dada dalam sambutannya.


Untuk program bike sharing ini akan ada 12 shelter, 20 petugas pencatat dan 150 sepeda yang siap disewakan. Shelter tersebut di antaranya ada di daerah Buah Batu, Babakan Siliwangi, Dipatiukur, Cikapayang, Dago, dan lainnya.


Bagaimana cara menyewanya? Anda cukup menyewa sepeda untuk sampai ke tempat tujuan. Misal, jika Anda dari shelter Dago menuju Jalan Pelajar Pejuang 45, bisa mengembalikan sepeda ke shelter yang ada di Buahbatu.


Ada banyak jenis sepeda yang bisa disewa di bike.bdg, yakni mountain bike, city bike, sepeda lipat dan electric bike. Setiap sepeda disewakan seharga Rp 3.000 per jam. Peminjam wajib menjadi member terlebih dahulu, yang dikenai biaya Rp 75 ribu per tahun.


"Kami dari BCCF, bike.bdg, komunitas sepeda bukan cuma sekadar hobi saja, tapi ingin juga membuat sharing sepeda. Dan kita pertama kalinya di Asia Tenggara yang melakukan itu," ujar, Ketua BCCF Ridwan Kamil.


sumber

[imagetag]

Bike sharing Akan Dilaksanakan pada 10 Juni

BANDUNG– Program bike sharing atau penyewaan sepeda mulai dilaksanakan pada 10 Juni mendatang. Dari 10 shelter atau halte yang direncanakan, baru empat yang dapat dioperasikan.
"Empat shelter ini di antaranya masing-masing dua tempat di kawasan Dago dan Buahbatu. Untuk Dago, kami sediakan di seputar Cikapayang dan ITB, sementara di Buahbatu berada di area kampus STSI dan SMK Binamarga," tutur Managing Director bike.bdg, Agam Dwi Prabowo saat peresmian Bike Sharing dalam acara Moal Bebeja, di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung,kemarin.

Awal program ini ditandai mulai pengoperasian fasilitas penyewaan sepeda itu,menurut Agam,akan dilakukan grandlaunching di kawasan car free day Buah Batu."Dari 200 sepeda yang disediakan, setiap shelter-nya akan terdapat 15 hingga 20 sepeda. Jumlah ini memang disesuaikan dengan luas dan posisi tempat,"ujarnya.

Dia mengatakan,pada acara soft launching kali ini,masyarakat sudah bisa melakukan pendaftaran dengan biaya Rp75.000 untuk bergabung menjadi anggota. "Bagi yang mendaftar sekarang, akan mendapatkan paket 20 jam gratis sewa sepeda. Setiap sepedanya, kami mematok harga sewa mulai Rp2.000–- 5.000 per jam, tergantung dengan jenis sepeda mulai dari mountain bike,city bike,sepeda lipat, dan electric bike," kata Agam.

Melalui program yang digagas bike.bdg beserta Bandung Creative City (BCCF) tersebut, Agam berharap masyarakat memiliki kesadaran terlebih dahulu sebelum terbangunnya infrastruktur. "Memang, sebelumnya sudah tersedia fasilitas jalan khusus pengguna sepeda. Akan tetapi, dengan adanya sarana yang menunjang diharapkan bisa melatih masyarakat begitu pun pemerintah," ucapnya.

Annsani, 21, menyambut baik adanya moda transportasi ini. "Selain berdampak baik untuk mengurai kemacetan, penggunaan sepeda juga mengurangi polusi dan sehat,"tandas mahasiswi Jurusan Ekonomi Unpad ini. ??neni nuraeni

sumber: seputar-indonesia.com dan infobdg

[imagetag]

sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14862323

0 komentar on [HOT] Bike Sharing, Indonesia Pelopor Pertama Penyewaan Sepeda di Asia Tenggara :

Posting Komentar