Derita Bocah Kanker Otak: Saya Mau Ikut Ujian Kenaikan Kelas

[imagetag]
Adi Prayogi, bocah penderita kanker otak.

BATAM - Bocah kecil itu terlihat optimis dengan kesembuhan penyakitnya. Mungkin ia masih kurang mengerti dengan penyakit yang diidapnya, kanker otak yang saat ini melumpuhkan fungsi kerja matanya. Itulah penyakit yang diderita Adi Prayogi (11).

Saat Tribun Batam (grup Tribunnews.com) berkunjung ke rumah orangtuanya, permainan tebak-tebakan kembali terulang. Adi yang saat itu sedang berbaring di kasur tidur, tak jauh dari pintu masuk, langsung menerka si pemilik suara salam.

"Ibu guru Ummi ya? Ibu guru Nana? Jadi ibu guru siapa?," tanya Adi kepada Tribun dan ibunya, sambil berusaha bangkit dari posisi baring. "Ini ibu wartawan yang datang," jawab Hesti.

Adi kini tak mampu lagi melihat akibat kanker otak yang dideritanya.

Tampak sebuah buku fotokopian Ilmu Pengetahuan Alam tergeletak di kasur tidurnya, Hesti lantas mengambil buku itu. Ia bercerita, Adi sedang belajar untuk ujian kenaikan kelas di sekolahnya SDN 011, Bengkong Sadai, Senin ini (18/6/2012).

"Dia lagi belajar, mau ikut ujian Senin ini. Setiap temannya datang, Adi selalu tanya, kapan ujian? Saya bilang, Adi mana bisa ikut ujian, gimana mau nulisnya?," tanya Hesti. Jawaban yang mencengangkanpun didengarnya.

"Dia bilang bisa. Mamak tinggal bacain aja soalnya, nanti Adi jawab. Kayak di soal cerdas cermat itu, katanya," ucap Hesti menirukan kalimat Adi.

Saking kuatnya niat Adi untuk kembali menginjakan kakinya ke bangku sekolah, sejak berhenti sekolah November tahun lalu. Hesti tak kuasa menolak permintaan anak ke-2 nya itu. Ia pun membacakan materi pelajaran IPA di depan Adi. Jika Adi masih kurang bisa mengingatnya, Adi meminta Hesti mengulang kembali bacaan itu.

Meski sel kanker semakin menggerogoti otaknya, sehingga mempengaruhi daya ingat atau berpikir Adi, sedang mata tak mampu melihat, sisa-sisa kepintaran yang dimilikinya sebelum jatuh sakit, masih terlihat jelas.

"Hutan adalah daratan yang dipenuhi tanaman pepohonan, sama kulit adalah.. Eh.. Kulit terdiri dari 3 lapisan; hipodermis, dermis, dan epidermis," ucap Adi mengulang hafalannya kepada Tribun. Adi sangat menggemari pelajaran IPA, dan Arab Melayu.

"Adi mau ikut ujian, biar naik kelas. Adi suka pelajaran IPA, kalau Bahasa Inggris dan PPkN, susah," katanya polos.

sumber


0 komentar on Derita Bocah Kanker Otak: Saya Mau Ikut Ujian Kenaikan Kelas :

Posting Komentar