Alasan Menangis Baik untuk Kesehatan

[imagetag] http://vietaoslo.files.wordpress.com/2011/06/man-crying-b.jpg



Siapa bilang sering menangis picu depresi yang berujung rusak kesehatan? Studi baru menunjukkan bahwa sering menangis buat badan lebih sehat.

Dilansir Dailymail, seorang asisten profesor psikiatri di UCLA, Judith Orloff, MD, sekaligus penulis buku 'Emotional Freedom: Liberate Yourself From Negative Emotions and Transform Your Life',menyebutkan menangis itu baik untuk kesehatan.

"Menangis adalah hal yang indah. Ini merupakan tanda kekuatan dan keaslian, bukan tanda kelemahan. Ini adalah fungsi penyembuhan alami," ujarnya.

Nah, apa alasan dan bagaimana caranya? Simak ulasan berikut.

Manfaat air mata bagi kesehatan

Air mata merupakan cara alami tubuh dalam mengelola stres. Secara fisik, mereka seperti lautan yang mengandung air garam, yang membantu melumasi mata dan menyingkirkan hormon stres dan racun lainnya.

Penelitian membuktikan bahwa menangis juga membantu kita memproduksi endorfin, yaitu hormon yang membuat perasaan menjadi lebih baik.


[imagetag] https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinOsDDTP-JcY7o0ug2_AsCmq12TnCftG8qNmFEru5iZm75dVnIYfd7BBBVdixaffJYc9r6ffpeSdgkEMo1QV4SvqCVa-XQDUwngK0lu5DeBJVO6ky-czIPnBkwO7hwUe7hwLnm4rJkMauF/s1600/cry.jpg



Pilih situasi

Pada saat Anda merasa sedih dan kehilangan. Jika Anda kehilangan seseorang yang dicintai atau mungkin putus dengan kekasih, menangislah. Menangis adalah satu-satunya cara untuk memproses kesedihan itu.

Ini sekaligus membuktikan bahwa jika seseorang tidak menangis saat berada dalam situasi seperti ini, maka berisiko menyebabkan depresi.

Caranya?

Apakah Anda termasuk orang yang tidak bisa menangis, atau bahkan tidak pernah menangis? Orang-orang dengan halangan emosional untuk menangis perlu melatih dirinya sendiri. Mulailah dengan mengeluarkan air mata bahagia.

Lihatlah film-film komedi atau berpikirlah tentang sesuatu yang membuat Anda tertawa. Sekali saja Anda sudah memiliki kebiasaan menangis karena bahagia, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk meratap dan menangis mengeluarkan air mata duka. [mor]

556412

0 komentar on Alasan Menangis Baik untuk Kesehatan :

Posting Komentar