Resep Pempek Kapal Selam Isi Telor

Resep Pempek Kapal Selam Isi Telor - Resep Pempek Kapal Selam Isi Telor Seperti yang kita ketahui bersama Bahwasanya Pempek ini merupakan makanan khas palembang yang banyak di Minati oleh Hampir semua Kalangan di Indonesia, Jadi tidak heran jika kita bisa menemukan Pempek di daerah-daerah di Luar indonesia, karena pempek sudah begitu merakyat di Indonesia.

Pempek juga memiliki beraneka Jenisnya, nah dari sekian banyak jenisnya itu Pada kesepatan ini blog Menu Buka Puasa akan membagikan Resep Pempek Kapal Selam Isi Telor yang nantinya bisa anda bisa buat sendiri di Rumah, Jadi anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari pempek. apa lagi untuk anda yang Tinggal jauh dari yang namanya penjual pempek, Nah Sekarang Mari kita lihat Cara pembuatan ataupun Cara bikin Pempek di Bawah ini

Resep Pempek Kapal Selam Isi Telor

Resep Pempek Kapal Selam Isi Telor


Bahan Pempek:

  • 500 gr ikan fillet berwarna putih
  • 500 gr tepung sagu/tepung tapioca (siapkan lebih)
  • Air
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 6-8 butir telur

Cara membuat Pempek:

  1. Haluskan ikan, dimasukkan FP aja biar cepet:). Setelah itu tempatkan dalam mangkuk hingga kita tau banyaknya ikan.
  2. Pindahkan ke dalam baskom, tambahkan air ½ mangkuk dari mangkuk yg digunakan untuk mengukur ikan sebelumnya. Campur ikan, air, garam, dan gula hingga rata.
  3. Beri tepung sambil diuleni hingga menjadi adonan yg bisa dibentuk. Sembari itu panaskan air dalam panci hingga mendidih, setelah mendidih kecilkan api.
  4. Pecahkan telur dan tempatkan dalam gelas kecil untuk memudahkan proses penuangan.
  5. Lumuri tangan dengan tepung, ambil segenggam adonan. Bentuk bulat sebesar bola tenis kemudian gunakan jari telunjuk dan tengah dr tangan kanan yg sudah dilumuri tepung untuk membentuk lubang sambil terus berputar hingga dihasilkan bentuk seperti gelas/cangkir. Isikan telur ke dalamnya, hati2 telur jangan sampai mengenai permukaan atas adonan karena adonan akan sulit merekat. Isikan telur ¾ dari lubang, lalu rapatkan atasnya, segera masukkan ke dalam air rebusan. Biarkan hingga mengapung, angkat lalu kukus 10 menit.
  6. Angkat dan dinginkan. Goreng sebentar ketika akan disajikan.

Bahan Cuko:

  • Cabe rawit (sesuaikan selera, aku pake 10 buah cabe Thailand)
  • 5 siung bawang putih
  • 150 gr gula merah (bagusnya yg berwarna gelap)
  • Garam
  • Cuka (bisa diganti asam jawa, tp aromanya akan sedikit beda)
  • 1.5L air
  • 3 sdm ebi, rendam sebentar, tiriskan

Cara membuat:

  1. Sangrai ebi sampai matang, kemudian haluskan.
  2. Ulek cabe dan bawang putih, jangan terlalu halus.
  3. Rebus air campur dengan cabe dan bawang ulek, gula merah dan garam. Masak dengan api kecil sampai air berkurang menjadi 1.3 L.
  4. Tambahkan cuka, pemberian cuka sedikit2 dulu karena kadar keasaman cuka berbeda2 (aku menggunakan 2 sdm cuka).
  5. Cicipi rasanya, jika sudah pas, matikan api lalu dinginkan.
  6. Setelah kuah cuko dingin, saring dan masukkan udang ebi bubuk ke dalamnya. Simpan dalam botol (pengalamanku 2 minggu dalam kulkas tetep oke). 


Nah demikian Resep Pempek Kapal Selam Isi Telor yang Kami berikan, semoga saja bisa menjadi Manfaat ya, Jangan Lupa untuk membaca artikel kami sebelumnya yakni Resep Tumis Daging

0 komentar on Resep Pempek Kapal Selam Isi Telor :

Posting Komentar