Apa Bedanya Tarik Tunai Dengan Gesek Tunai?

Mungkin ada beberapa di antara kita yang masih bingung apa sih perbedaan antara "tarik tunai kartu kredit" dengan "gesek tunai kartu kredit"? Atau kadang dipergunakan juga kalimat "ambil tunai kartu kredit", dsb. Pada dasarnya pengertiannya sama yakni mengambil uang tunai. Hanya saja harus dilihat di mana kalimat tersebut dipergunakan. Kalau merujuk pada mesin ATM maka artinya ambil uang tunai lewat mesin ATM, jika merujuk pada toko/merchant maka maksudnya gesek tunai (gestun).

Berikut di bawah ini adalah penjelasan lebih ringkasnya.

Tarik Tunai Kartu Kredit


Ambil tunai di mesin ATM.
Konsep awal yang dimaksud tarik tunai kartu kredit adalah ketika kita menggunakan kartu kredit untuk mengambil uang tunai (cash withdrawal) dari mesin ATM. Jadi layaknya mengambil uang tunai dengan kartu ATM. Yang kita butuhkan sudah jelas sebuah nomor PIN kartu kredit. Kartu kredit bisa dipergunakan untuk mengambil uang tunai lewat mesin ATM karena memang merupakan salah satu manfaat dan fasilitasnya. Bahkan bisa ambil tunai hampir di semua mesin ATM di seluruh dunia asal logonya tercantum.


Gesek Tunai Kartu Kredit

Gesek tunai kartu kredit adalah mengambil uang tunai tetapi tidak lewat mesin ATM, melainkan ke toko-toko yang memang menawarkan atau menyediakan gesek tunai seperti ini. Kok toko bisa punya uang tunai? Apakah toko tersebut memiliki mesin ATM? Tidak demikian.


Ambil tunai di toko.
Toko itu pada dasarnya menerima transaksi kartu kredit untuk berbelanja. Hanya saja barang belanja tersebut bisa diganti dengan uang tunai. Jadi kita tidak ambil barangnya melainkan mengambil uang kontan senilai harga barang tersebut. Contoh misalnya sebuah unit blackberry dakota seharga Rp 5,7 juta. Nah, kita tidak ambil BB tersebut melainkan uang senilai Rp 5,7 juta. Kurang lebih seperti itu. Tentu dalam hal ini dikenakan biaya-biaya tertentu yang sering disebut fee gesek tunai (gestun).

Semoga paham bahwa tarik tunai lebih mengacu pada mesin ATM sedangkan ambil tunai atau gesek tunai lebih mengacu pada toko (merchant). Kami akan membahas topik ini lebih lengkap di kemudian hari.

Sumber: http://www.mafiakartukredit.com/2013/01/tarik-tunai-vs-gesek-tunai.html

0 komentar on Apa Bedanya Tarik Tunai Dengan Gesek Tunai? :

Poskan Komentar